Senin, 30 Mei 2016

Tempat Memancing Yang Menarik

PATUK TEMPAT MEMANCING YANG INDAH


Kata Grajagan memang tidak asing bagi warga banyuwangi, pasti semua beranggapan bahwa Grajakan itu hanya Pantai Tapi disini saya akan membagi tempat disekitar Pantai Grajagan yang Menarik. Patuk namanya, Patuk Merupakan Tempat hiburan memancing yang sangat strategis dan sangat aman karena di Patuk tidak memiliki ombak. Patuk merupakan Sunglon atau biasa di artikan danau air laut. Disini sangat cocok untuk memancing bersama keluarga karena selain tempat yang indah juga kita bisa menikmati pemandangan laut yang tenang dan rimbunnya pohon pohon bakau (mangrove) disekitar patuk. Patuk terletak di sebelah timur Pelelangan Grajagan Desa Grajagan Kec. Purwoharjo Kab.Banyuwangi Jawa Timur.
Di Patuk terdapat Penyewaan Perahu sampan dan mesin yang dapat kita sewa untuk menyelusuri Keindahan Patuk. Harga sewa perahu sangat terjangkau untuk perahu sampan dengan tarif Rp 15.000 untuk 2 orang dan Untuk perahu mesin Rp 70.000 bisa untuk 3 orang ataupun 4 orang. Tetapi tenang karena bahan bakar perahu mesin sudah di isi oleh yang punya perahu jadi kita tinggal memakainya. Waktu untuk persewaan biasanya dari pagi sampai sore atau dari sore sampai pagi.
Di patuk Juga tersedia umpan untuk memancing yang sangat baik diantaranya Garek (cacing laut), Udang (ada yang mati dan ada yang hidup) dan Kerang Petelot (Kerang Bambu).  Untuk memancing kita pilih penanggalan bulan yang bagus biasanya untuk memancing kita pilih tanggal 4 - 8 dan  17 – 23. Pada tanggal itu biasanya airnya masih pasang surut dan arusnya tidak terlalu kencang. Dari Patuk Kita juga bisa  jalan” dengan perahu mesin  ke timur disana kita akan bisa melihat daerah Wisata Bedul karena Patuk dan Wisata Bedul terhubung dari sunglon itu sendiri. 
Dan untuk hari minggu disarankan untuk ke sana pagi sekali (subuh) karena akan kehabisan perahu disebabkan banyak sekali pemancing yang memancing. Di patuk Kita bisa mendapatkan ikan yang lumayan untuk hiburan. Ikan ikannya bermacam macam ada ikan Kakap, ikan  Bekuku, ikan Tembel, ikan Brunjung, ikan Petak, ikan Putihan, ikan Pe atau biasa disebut ikan Pari dan masih banyak lagi jenis ikannya. Untuk ikan kelas dengan sensasi tarikan lumayan berat itu jenis ikan Kakap, ikan Bekuku, ikan Pe (ikan Pari) dan ikan Petak karena bisa memutuskan senar. 

gambar ikan petak

Di Patuk juga terdapat Warung disini kita bisa membeli makanan, kopi , minuman es dan makanan ringan seperti snak. Harganya juga sangat murah mengingat tempatnya berada jauh dari pemukiman penduduk. Cukup dengan uang Rp 10.000 Kita Bisa makan dengan makanan laut dan Kopi yang hanya Rp 3000. Disini jadi tempat membuang penat dan masalah yang ampuh karena suasananya yang tenang kita juga bisa menikmati suasana hutan mangrove yang terbilang sangat indah. Di Patuk kita bisa melihat orang mencari Kerang, menjala ikan dan lainnya. 
Di Patuk sensasi memancing memang tidak terbantahkan karena ikan tidak dapat diprediksi kadang pagi ngak mau makan umpan kita tapi sore hari mau makan umpan kita. Dan perolehan ikan tidak pasti ini yang membuat pemancing penasaran akan sensasi itu. Banyak pemancing yang mendapatkan ikan 5kg, 7kg bahkan sampai 12 kg. faktanya tempat Memancing Patuk dijadikan hiburan dan wisata bagi sebagian keluarga di Banyuwangi dan banyak orang yang menilai bahwa Patuk adalah tempat memancing terbaik di banyuwangi selatan.



0 komentar:

Posting Komentar