Selasa, 24 Mei 2016

Buah Unik Yang Memiliki Banyak Manfaat


 Buah Naga


Buah naga merupakan tanaman yang sangat mudah untuk ditanam di tempat manapun baik di sawah bekas bangunan. Buah naga juga salah satu buah yang cocok ditanam dibanyuwangi tetapi buah naga cocok untuk kawasan banyuwangi selatan karena memiliki cuaca panas. Banyak petani yang beralih menanam buah naga karena mudah membudidayakannya dan tingkat produksi yang besar membuat sawah maupun di tanah” kosong ditanami buah naga.

Buah ini biasanya berbuah dari bulan September-Maret. Seiring perkembangan teknologi petani-petani banyuwangi selatan mengembangkan lampu LED untuk meningkatkan produksi buah. Dari perbandingan tersebut terbukti lahan yang menggunakan lampu LED produksi buah dua kali lebih besar dibandingkan yang tidak menggunakan lampu LED.

Untuk cara penanaman adalah sebagai berikut :
1.     Pilihlah bibit yang sudah tua yang memiliki kualitas bagus. Ini bisa dilihat dari warna bibit yang berwarna hijau tua dan memiliki pohon induk yang bagus.
2.   Tanah dua kali dua meter untuk satu tiang . buah naga membutuhkan ruang udara yang cukup, selain untuk pertumbuhan juga sangat berguna karena ruang dapat mempengaruhi tingkat banyak tidaknya buah.
3.     Satu tiang ditanami empat bibit buah naga. Bibit yang sudah kita pilih lalu kita tanam pada tiang untuk perambatan. Kenapa kita harus menamam hanya empat bibit? itu supanya pupuk dapat terserap dengan maksimal dan pertumbuhan yang stabil.
4.    Setelah tertanam untuk menyirami dengan teratur. Ini dilakukan supaya bibit buah dapat tumbuh dengan cepat dan ini bisa untuk memaksimalkan produksi buah.
5.    Pupuk dengan teratur dan sesuai ukuran. Pupuk sangat penting untuk menunjang buah agar lebih banyak dan besar-besar. Tetapi ingat untuk pupuk harus sesuai jika berlebihan maka akan mengakibatkan bunga buah naga rontok.

                Jenis-Jenis Buah Naga yang ada di Banyuwangi :

1.       Buah Naga Merah

Buah Naga Merah hampir sama dengan buah naga putih, hanya saja buah naga merah warna kulitnya lebih merah pekat dan mempunyai sisik yang lebih lebat. Bagian daging buah naga merah memiliki warna merah. Buah naga merah merupakan buah naga unggulan bagi petani selain harga yang stabil produksi buah lebih besar dibandingkan buah naga putih dan kuning. Buah naga ini lebih manis dibanding buah naga putih dan buah naga ini lebih cepat berbuah sehingga petani lebih memilih menanam buah naga merah.

2.       Buah Naga Putih

buah naga putih merupakan varietas yang paling sering ditemui. Buah naga jenis ini merupakan jenis buah yang paling mudah untuk dibudidayakan, buah naga putih memiliki warna kulit merah cerah dengan sisik yang tidak lebat serta memiliki daging berwarna putih. Buah ini memiliki rasa agak asam dan sedikit manis, cocok untuk diolah menjadi es buah. Tetapi buah ini kurang diminati karena lebih lama berbuah dan tingkat produksi yang kalah dengan buah naga merah.

3.       Buah Naga Kuning

Buah naga kuning memiliki warna kuning cerah pada bagian kulit dan bagian buah memiliki warna putih cerah. Ukuran buah naga kuning bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain. Buah naga kuning masih sangat jarang di banyuwangi selain itu sulit untuk  membudidayakannya.


Cara pemupukan Buah Naga Yang Baik :
1.      Pupuk Organik
2.      Pupuk Anorganik secara teratur dan sesuai aturan


Manfaat Buah Naga :
1.       Antioksidan
2.       Meningkatkan Kekebalan tubuh
3.       Awet muda
4.       Mencegah kanker
5.       Memperlancar metabolism tubuh

4 komentar:

  1. Nice article gan.

    Tp misal buah naga ditanam didaratan tinggi hasilnya sama gk gan?

    BalasHapus
  2. ya mungkin produksi tidak sama dengan di daerah daratan rendah karena cuaca pada daratan rendah relatif lebih panas sebab buah naga membutuhkan panas yang cukup

    BalasHapus