Selasa, 31 Mei 2016

Info Menarik Tentang Banyuwangi

BANYUWANGI

www.telusurindonesia.com

Sejarah Banyuwangi

Menurut Cerita, Jaman dahulu  wilayah Banyuwangi adalah Wilayah di timur Pulau Jawa yang sangat mempesona dan  indah. Wilayah ini dulu dikuasai oleh seorang raja yang bernama Prabu Sulahkromo dan seorang Patih yang sangat ganteng, pemberani, jujur dan setia pada kerajaannya.  Patih Sidopekso adalah Patih yang mempunyai istri yang sangat cantik yang bernama Sri Tanjung. Raja pun tergila gila dan jatuh cinta pada Sri tanjung. Sang Raja akhirnya mempunyai akal untuk memanfaatkan Patih sidopekso. Patih Sidopekso diberi tugas Raja yang menurut akal Tidak bisa Dilakukan manusia biasa. Patih Sidopekso yang Setia membuat patih menjalankan tugas dari sang raja dengan bangga. Setelah ditinggal Patih Sidopekso Rajapun menjadi bebas dan Sri Tanjung pun Dirayu, akan tetapi Sri Tanjung Tidak menanggapinya dan Menolak Cinta Raja. Akal bulus Rajapun muncul dengan Memfitnah Sri Tanjung. Patih Sidopekso pun kembali dari tugas yang diberikan Raja. Dan informasi Fitnah raja untuk  Sri Tanjung telah terdengar di telinga Patih Sidopekso. Patih Sidopekso pun langsung percaya dan pengakuan Sri Tanjung Tidak di tanggapi.
Patih Sidopekso mengancam akan membunuh istrinya karena kesalahan Sri tanjung. Kemudian Sri Tanjung Dibawa ke pinggir sungai yang sangat keruh. Namun sebelum Patih Sidopekso membunuh Sri Tanjung, ada permintaan terakhir dari Sri Tanjung kepada suaminya, sebagai bukti kejujuran, kesucian dan kesetiannya ia rela dibunuh dan agar jasadnya diceburkan ke dalam sungai keruh itu, apabila darahnya membuat air sungai berbau busuk maka dirinya telah berbuat serong, tapi jika air sungai berbau harum maka ia tidak bersalah. Terbawa Amarah akhirnya Patih Sidopekso Membunuh Sri Tanjung dan menceburkan mayat Sri Tanjung ke Sungai. Setelah itu air sungai berangsur-angsur menjadi jernih seperti kaca serta menyebarkan bau harum, bau wangi. Patih Sidopekso terhuyung-huyung, jatuh dan ia jadi linglung, tanpa ia sadari, ia    menjerit "Banyu..... ... wangi............... . Banyu    wangi ... .." Banyuwangi terlahir dari bukti Kesetiaan dan cinta Sri Tanjung pada suaminya.
Letak Banyuwangi
Kabupaten Banyuwangi merupakan Kabupaten yang terletak di ujung timur Propinsi Jawa Timur dan ujung timur Pulau Jawa. Faktanya Banyuwangi  adalah Kabupaten Terluas di Jawa Timur yang berbatasan langsung Dengan  Kabupaten Jember, Kab. Bondowoso dan Kab. Bondowoso.  Banyuwangi sendiri dekat dengan Pulau Bali dan Banyuwangi sendiri menjadi Jalan utama menuju Pulau Bali. Untuk Mencapai Kab. Banyuwangi terdapat Dua Jalur yaitu Jalur Selatan yang melewati  Kab. Jember dan Jalur Utara melewati Kab.Situbondo.  Di Banyuwangi terdapat Pelabuhan yang bernama Pelabuhan Ketapang yang melayani rute Banyuwangi Ke Bali atau Bali ke Banyuwangi. Banyuwangi juga Terdapat Jalur Kereta Api yang memudahkan  Sarana Transportasi Di Banyuwangi.
Tempat Wisata Yang terkenal.
Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyuwangi adalah salah satu surga destinasi wisata di Jawa Timur bahkan di Dunia. Banyuwangi memiliki banyak pantai yang indah yang terdapat dari ujung utara sampai selatan.

Inilah beberapa tempat wisata yang sangat indah di Banyuwangi :

1. Pantai Pulau Merah
2. Kawah ijen (Blue Fire)
3. Pantai G-Land (Plengkung)
4. Pantai Pancur dan Trianggulasri Di Taman Nasional Alas Purwo.
5. Pantai Teluk Ijo
6. Pantai Wedi Ireng
7. Pantai Grajagan
8. Wisata Manggrove Bedul
9. Pantai Boom
10. Wisata Watu Dodol
11. Taman Blambangan



Beberapa Kesenian Banyuwangi :

1. Kesenian Gandrung
2. Kesenian Jaranan
3. Kesenian Kebo Keboan
4. Kesenian Janger
5. Kesenian Barong

1 komentar:

  1. Well I really liked reading it. This pot offered by you is very effective for
    good planning.

    BalasHapus