Rabu, 25 Mei 2016

Pulau Merah Destinasi Wisata Yang Sangat Indah Dan Mempesona

PANTAI PULAU MERAH (RED ISLAND)


              Pantai pulau merah ( red island ) merupakan salah satu pantai dengan pemandangan yang luar biasa yang ada di banyuwangi. Pantai pulau merah memiliki pantai yang panjang serta memiliki pasir putih yang lembut serta ditengah-tengahnya terdapat pulau yang dapat dikunjungi ketika laut dalam keadaan surut. Untuk air laut di pantai pulau merah sangat jernih dari kejauhan terlihat biru. Sejarahnya pantai ini dinamakan pantai ringin pitu kemudian diganti dengan pulau merah mungkin karena pulau yang ada di tengah laut itu mempunyai tanah yang agak kemerahan sehingga namanya diganti. Untuk mencapai pantai pulau merah dapat dilalui dengan sepeda motor maupun dengan travel ataupun kendaraan umum. Waktu perjalanan dari kota banyuwangi ke pulau merah sekitar dua jam, mungkin perjalanan terasa lama tapi rasa capek di perjalanan itu akan sebanding dengan keindahan Pantai yang masih alami dan asri. Pantai pulau merah itu sendiri terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi  yaitu di Banyuwangi selatan.
            Pantai pulau merah merupakan surganya wisata pantai yang ada dibanyuwangi. Disana juga terdapat banyak wisatawan lokal maupun turis asing. Keindahan pulau merah dapat kita nikmati pagi hari atau siang hari, akan tetapi pulau merah akan menampakkan indahan sesungguhnya pada saat matahari tenggelam karena saat itulah kita dapat menikmati pantai dengan sunset yang sangat indah. Kita juga dapat menikmati pantai pada malam hari bersama kawan ataupun keluarga.  Di pantai pulau merah kita juga dapat melihat peselancar-peselancar tapi biasanya adanya pada siang sampai sore hari. Pantai pulau merah mungkin terdengar tidak asing bagi warga banyuwangi karena pantai pulau merah merupakan tujuan wisata warga banyuwangi pada saat hari libur.
           Di pantai pulau merah anda dapat bermain pasir dengan sepuasnya karena di pulau merah pasirnya sangat luas jadi jangan kawatir jika akan kehabisan tempat untuk bermain pasir. Pada pantai pulau merah masih banyak terdapat pohon-pohon sehingga kita dapat berlindung dari cuaca panas. Disekitar Pantai Pulau merah terdapat bukit bukit hijau yang menambah pesona pantai pulau merah. Jika ke banyuwangi belum lengkap rasanya jika belum ke pantai pulau merah Karena pulau merah adalah surganya pelancong. Pulau merah juga disebut-sebut pantai kutanya banyuwangi karena keindahannya. Di pulau merah juga tersedia kamar mandi sehingga fasilitas yang dibutuhkan ada di sini. Memang dibanyuwangi terdapat banyak pantai seperti : pantai grajakan, pantai pancur,trianggulasri, plengkung atau yang biasa disebut G-Land yang ada di taman nasional alas purwo, pantai Boom dan pantai lainnya tapi rasanya pulau merah perlu dan harus dikunjungi.

Jalur yang bisa dilalui untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah (Red Island) yaitu:

·             Untuk jalur dari arah Jember Lumajang kita bisa melalui Jember arah ke Banyuwangi, Kalibaru – Glenmore    – Genteng (lampu merah Genteng) kemudian pilih arah ke Jajag atau Gambiran dan pada Lampu merah        Jajag terdapat tanda menuju pantai pulau merah dan ikuti jalur tersebut.

·       Untuk jalur dari Situbondo kita bisa melalui kota Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Benculuk – Jajag.      Rute ini kita bisa lewat Benculuk ataupun lewat Jajag tapi jika belum tau tempatnya untuk lewat Jajag      Karena terdapat tanda yang lebih mudah mengaksesnya.


Untuk saran :  lebih baik ke pulau merah menggunakan sepeda motor karena disekitar pulau merah juga terdapat banyak destinasi wisata yang bagus ada pantai teluk ijo (green bay), pantai wedi ireng, pantai pancer. Disekitar pantai pulau merah juga terdapat penginapan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai pulau merah.


2 komentar:

  1. Wah keren sekali pulau merah mas, saya pingin sekali kesana tapi tidak ada waktu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda akan menyesal jika tidak kesana karena pemandangannya luar biasa

      Hapus