Jumat, 27 Mei 2016

Salah Satu Tanaman Yang Mempunyai Tingkat Produksi Tinggi



Budidaya Tanaman Jeruk Yang Menggiurkan



Jeruk merupakan tanaman perkebunan yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Buah jeruk juga buah yang sering dicari dipasaran karena buah jeruk sendiri memiliki kandungan vitamin yang tinggi yang baik untuk tubuh manusia. Khususnya di banyuwangi pohon jeruk yang sering ditanam yaitu pohon jeruk jenis Tulungagung, Jember, Malang dan Jogja yang memiliki kareteristik dan keunggulan sendiri sendiri. Tanaman jeruk sendiri menjadi komonditas pertanian yang sangat menggiurkan bagi para petani sebab produksi buah jeruk mempunyai nilai penghasilan yang tinggi dibanding tanaman padi dan kedelai. Memang dalam penanamannya itu sendiri membutuhkan biaya yang besar dan perawatan yang teratur. Untuk memilih bibit jeruk yang baik sebaiknya pilih jeruk hibrida selain lebih cepat berbuah juga produksi buah lebih banyak. Sudah banyak penjual bibit” jeruk yang baik maka kita bisa memilih bibit mana yang baik dan yang kurang baik. 


Cara penanaman tanaman jeruk yang baik adalah sebagai berikut:

1. Tanah dengan luas 3,5 X 3,5 meter untuk satu Pohon Jeruk.

Pohon jeruk membutukan ruang udara untuk menunjang pertumbuhan dan buah jeruk sendiri lebih banyak. Coba kalau kita tanam dengan jarak 1 x 1 m pasti bagus pada awal tapi kalau jeruk berumur 2 tahun ke atas maka pertumbuhan akan tidak bagus.

2. Tumpukkan tanah pada dasar pohon jeruk.

Tumpukan tanah pada dasar pohon membantu perkembangan akar dan lebih aman pada musim hujan karena air yang berlebihan tidak akan menggenang di sekitar pohon jeruk. Pohon jeruk itu sendiri rawan dengan air yang berlebihan karena akan mengakibatkan jeruk mati.

3. Tambahkan Pupuk organik yang sudah difermentasikan ke dasar pohon jeruk.

Pupuk organik sangat membantu menyuburkan tanah dengan menggemburkan tanah karena micro organisme yang banyak pada pupuk organic yang sudah difermentasikan. Pemupukan secara teratur membantu pertumbuhan pohon jeruk karena dengan tanah yang subur pertumbuhan akar jeruk akan berkembang dengan pesat.

4. Pastikan tanah disekitar pohon jeruk bebas dari gulma (rumput liar).

Ini juga mempengaruhi pertumbuhan karena gulma (rumput liar) akan menyerap unsure-unsur ataupun pupuk sehingga itu akan mengurangi perkembangan pohon jeruk itu sendiri.

5. Sirami pohon jeruk secara teratur.

Pohon jeruk membutuhkan air supaya akar jeruk tidak kering tetapi pohon jeruk jangan disirami terlalu banyak karena akan membuat pohon jeruk layu hingga mati. 




Perawatan Pohon Jeruk :




1. Pembersihan Gulma disekitar pohon Jeruk setiap satu minggu sekali. 

Ini dimaksudkan agar lahan jeruk bebas dari gulma dan penyakit sebab penyakit juga bisa menyebar lewat rumput liar. Lahan yang bersih akan membantu pertumbuhan dan mengurangi resiko tanaman jeruk terserang penyakit.

2. Pengobatan.

Pengobatan itu untuk kutu daun, ulat dan jamur. Kutu daun perlu pengobatan setiap 15 hari sekali supaya tunas tidak rusak karena ulat dan kutu daun. Biasanya kutu daun dan ulat menyerang tunas yang masih muda. Untuk pengobatan penyakit jamur bisa dilakukan 1 bulan sekali. Penyakit jamur biasanya menyerang akar pohon yang mengakibatkan akar jadi busuk dan mengakibatkan pohon jeruk mati.

3. Pemupukan secara teratur sesuai umur Pohon Jeruk.

Pemupukan dilakukan sesuai umur pohon jeruk. Poho jeruk umur dibawah 1 tahun sebaiknya dipupuk jangan terlalu banyak dan dilakukan setiap 20 hari sekali dan untuk pohon jeruk umur 1 – 3 tahun sebaiknya dipupuk 1 bulan sekali. Dan utuk umur 3 tahun ke atas bisa dilakukan 1,5 bulan sekali. Catatan: jangan pupuk secara berlebihan dan usahakan pupuk organik dan pupuk anorganik seimbang.

4. Pengairan lahan jeruk.

Pengairan lahan jeruk sangat perlu karena membantu jeruk tetap sehat dan pertumbuhan jeruk tetap baik.

5. Pemanenan.

Sebaiknya pemanenan dilakukan pada buah yang sudah masak dan memenuhi kriteria untuk masuk dipasaran.




Penyakit pohon jeruk :

1. Kutu daun. Menyerang tunas yang mengakibatkan tunas melingkar dan mengakibatkankan pertumbuhan pohon jeruk menjadi terhambat.

2. Ulat daun. Menyerang daun dan tunas pohon jeruk.

3. Jamur. Menyerang tanaman jeruk tapi lebih berpusat pada akar pohon jeruk.

4. Lalat buah. Menyerang buah yang mengakibatkan buah jeruk busuk.

0 komentar:

Posting Komentar